Bagaimana Cara Melakukan Maintenance Dasar Komputer

Kenapa sih komputer gw menjadi lambat banget? Kenapa laptop gw yang punya spec tinggi tetep lemot? Kepana laptop gw lambat padahal gak pernah gw apa-apain? Kenapa, kenapa, dan kenapa?

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering muncul bagi pengguna laptop yang masih awam. Penjelasan yang paling mungkin adalah karena anda tidak pernah melakukan maintenance secara rutin terhadap komputer anda.

Maintenance? Itu kan buat orang yang ngerti komputer doang? Lha gw gak ngerti sama sekali tentang komputer, bisanya pake program office doang. Pasti susah deh nge-maintenance komputer.

Kali ini anda salah bila berpikir demikian. Maintenance rutin komputer merupakan hal yang mudah dilakukan, tanpa perlu mengerti bahasa programming, atau ilmu-ilmu yang hanya dikuasai oleh orang IT. Cukup menggunakan program-program, baik yang sudah tersedia secara default di windows anda, ataupun menggunakan program program gratisan — gratis bukan berarti kinerjanya jelek, malah software-software yang saya sarankan dalam tulisan ini merupakan yang terbaik di bidangnya –.yang user friendly, mudah dilakukan tanpa perlu proses yang rumit, maka pelaksanaan maintenance dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan memuaskan.

Kita sering mengalami keadaan dimana kinerja komputer melambat, padahal kita merasa tidak melakukan suatu kesalahan yang berkaitan dengan komputer, apakah menginstall program yang “aneh”, ataupun hal-hal lain yang kemungkinan berpengaruh pada melambatnya kinerja komputer.

Bila kinerja komputer melambat, bisa banyak hal yang menjadi penyebabnya :

  • Terlalu banyak program yang terinstall, tentu saja membuat komputer lambat karena banyak program yang berjalan di background, hal ini tidak akan menjadi masalah bila Processor (Intel Core i7 misalnya) dan RAM yang anda miliki cukup besar kapasitasnya (8 GB ke atas).
  • Harddisk gak pernah di defragment, ini membuat komputer membaca hardisk menjadi lambat, karena lokasi filenya tidak tertata rapih
  • Sering install dan uninstall program, hal ini menimbulkan terjadinya penumpukan “sampah registry” yang cukup mengganggu kinerja komputer.
  • Terinfeksi adware dan atau spyware, hal ini selain membuat kinerja komputer lambat karena program” menyebalkan ini bekerja secara background, dan juga melambatkan koneksi internet kita, karena program” ini mengirimkan data data yang berada dalam komputer kita secara kontinyu melalui internet, yang (lagi lagi menyebalkan) tidak diketahui oleh kita tanpa ilmu dan program pendeteksi yang cukup baik.

Untuk mengatasinya, ada beberapa alternatif:

  • Upgrade RAM, setinggi mungkin, untuk processor, bila anda menggunakan desktop, dapat dilakukan upgrade asalkan motherboard anda mendukung, bila laptop yang digunakan, terpaksa anda harus membeli laptop baru .
  • Defragment hardisk secara teratur, setidaknya 1 bulan sekali, lebih sering lebih baik, cukup menggunakan defragmenter yang disediakan oleh windows (ketik saja defrag di tampilan ‘search’ untuk windows 8 atau Cortana di windows 10)
  • Untuk membersihkan sampah sampah registry yang mengganggu kinerja komputer, gunakan registry cleaner yang cukup baik, bisa menggunakan yang free seperti CC Cleaner atau yang berbayar seperti Iolo System Mechanic atau AVG TuneUp
  • Spyware dan malware seringkali sangat membahayakan komputer kita. Untuk mendeteksinya, gunakan kombinasi SmadAV dan antivirus dari luar, seperti Kaspersky, Bitdefender, Avast dan AVG, jangan lupa juga tetap mengaktifkan dan selalu mengupdate Windows Defender bawaan dari Operating Sytem Windows anda.

Untuk maintenance kinerja komputer, lakukan defragment, pembersihan registry, pengecekan virus, spyware dan malware menggunakan antivirus yang dipilih secara rutin!! Dijamin komputer anda akan tetap cepat kinerjanya walaupun sudah berusia lebih dari satu tahun.

Oh iya, system restore merupakan celah yang paling banyak dimanfaatkan baik oleh virus, adware maupun spyware, dengan cara menyimpan datanya di data system restore, sehingga bila dilakukan restoring, akan muncul kembali.

Mudah mudahan membantu

Tulisan ini diedit tanggal 11 Oktober 2017.

37 thoughts on “Bagaimana Cara Melakukan Maintenance Dasar Komputer

Add yours

  1. Bravo….me and my friend try to build a company with main job Maintenance and Service. I need to learn much more. Thanks

  2. thax, tapi gimana caranya untuk maintenance hardware yang baik & benar?
    mo bersihin computer banyak debu & sarang laba2 nich..

  3. thank ‘s bang

    aq mo nanyak neh

    aq punya laptop tahun rendah

    trus gimana neh biar mempercepat kinerja nya

    mereknya toshiba
    ram 128m
    946mhz

    gimana tuh

    please ya bang

  4. thanks ya guys ,,,,

    atas sharing ilmu nya …..
    semoga generasi muda indonesia lebih kreatif dari ,, bangsa lain …..

    majulah IT indonesia ,,,,,,,

    By : Dhen _ Agoose

  5. thankk’ iia attas illmu nyya,,,

    tnttuniia snggat bermanffat beug unntuk syya pribadii

    nd’ jugga tugass PRESSENTASII PSG syya …

    maksiih,,,^.^)

  6. thx yah. artikelnya nambah2 pengetahuan saya. asalnya saya maintenance cm scan ama defrag. tp skrg d tambahin ama bnrin registry + search spyware/adware.

  7. tanx bgt atas ilmu ny,smoga bermanfaat bwt smua org dan kan mnjadikan rakyak indonesia smakin pintar!!!!!! qt hrus acung kan jempol bagi org2 yg mau mmbagikan ilmuny,krn sosok sperti inilah yg akan mmbuat negara qt brkembang!!!!!! skali lg q ucapin trims bgt bro……

Leave a comment

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑